Apa Itu Hari Anak

Apa Itu Hari Anak video

Hari Anak adalah hari peringatan yang diperingati setiap tahun untuk merayakan hak-hak anak dan meningkatkan kesadaran akan kesejahteraan anak. Hari Anak diperingati di berbagai negara di dunia, dengan tanggal yang berbeda-beda.

Hari Anak adalah hari peringatan yang diperingati setiap tahun untuk merayakan hak-hak anak dan meningkatkan kesadaran akan kesejahteraan anak. Hari Anak diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai hari internasional untuk mempromosikan kesejahteraan anak dan meningkatkan kesadaran akan hak-hak anak.

Hari Anak pertama kali diperingati di Amerika Serikat pada tahun 1856 oleh Julia Ward Howe. Howe adalah seorang penyair dan aktivis sosial yang menyerukan untuk hari libur nasional untuk menghormati anak-anak.

PBB menetapkan Hari Anak Sedunia pada tanggal 20 November 1954. Tanggal ini dipilih untuk memperingati tanggal pengesahan Deklarasi Hak Anak pada tahun 1959 dan Konvensi Hak Anak pada tahun 1989.

Tujuan Hari Anak adalah untuk:

* Meningkatkan kesadaran akan hak-hak anak
* Meningkatkan kesejahteraan anak
* Mendukung pembangunan anak

Peringatan Hari Anak biasanya dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti:

* Upacara peringatan
* Lomba-lomba
* Pentas seni
* Seminar
* Kampanye

Masyarakat dapat berperan dalam Hari Anak dengan berbagai cara, seperti:

* Mengikuti kegiatan peringatan Hari Anak
* Mendukung organisasi yang bekerja untuk kesejahteraan anak
* Menjadi sukarelawan untuk membantu anak-anak
* Meningkatkan kesadaran tentang hak-hak anak

Hari Anak adalah hari penting untuk merayakan hak-hak anak dan meningkatkan kesadaran akan kesejahteraan anak. Dengan memperingati Hari Anak, kita dapat membantu memastikan bahwa semua anak memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Lihat Juga  Apa Itu Anbk Untuk Anak Kelas 5

Leave a Comment