Apa Itu Anbk Mts

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) MTs adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan menengah pertama (MTs). ANBK MTs dilaksanakan dengan tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Tujuan ANBK MTs adalah untuk:

* Mengukur kompetensi minimum peserta didik pada mata pelajaran literasi membaca dan numerasi
* Memperoleh gambaran tentang profil dan peta sebaran capaian kompetensi peserta didik
* Memantau efektivitas program dan intervensi pendidikan
* Meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh

ANBK MTs dilaksanakan dengan tiga instrumen, yaitu:

* AKM literasi membaca mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks tertulis.
* AKM numerasi mengukur kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.
* Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik.
* Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Peserta ANBK MTs adalah peserta didik kelas VIII MTs. Jumlah peserta ANBK MTs ditetapkan oleh Kemendikbudristek.

ANBK MTs dilaksanakan secara berkala setiap tahun. Jadwal pelaksanaan ANBK MTs ditentukan oleh Kemendikbudristek.

ANBK MTs dilaksanakan secara daring (online) dengan menggunakan komputer atau laptop.

Hasil ANBK MTs tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual. Hasil ANBK MTs akan digunakan untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia.

ANBK MTs adalah program evaluasi yang penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan adanya ANBK MTs, Kemendikbudristek dapat memperoleh gambaran tentang profil dan peta sebaran capaian kompetensi peserta didik, serta memantau efektivitas program dan intervensi pendidikan.

Lihat Juga  Apa Itu P5 Dan Ppra

Video Apa Itu Anbk Mts

Leave a Comment