Apa Itu Integrasi Dalam Informatika

Integrasi dalam informatika adalah proses menggabungkan beberapa sistem atau komponen menjadi satu kesatuan yang saling terhubung dan dapat bekerja sama. Integrasi ini dapat dilakukan pada berbagai level, mulai dari level data, sistem, hingga aplikasi.

Data integration adalah proses menggabungkan data dari berbagai sumber menjadi satu kesatuan. Data ini dapat berasal dari berbagai format, seperti database, file, atau API. Proses data integration biasanya terdiri dari beberapa langkah, yaitu:

System integration adalah proses menggabungkan beberapa sistem menjadi satu kesatuan. Sistem ini dapat berasal dari vendor yang berbeda atau menggunakan teknologi yang berbeda. Proses system integration biasanya terdiri dari beberapa langkah, yaitu:

Application integration adalah proses menggabungkan beberapa aplikasi menjadi satu kesatuan. Aplikasi ini dapat berasal dari vendor yang berbeda atau menggunakan teknologi yang berbeda. Proses application integration biasanya terdiri dari beberapa langkah, yaitu:

Integrasi memiliki banyak manfaat, antara lain:

Integrasi adalah proses penting dalam informatika yang dapat membantu meningkatkan efisiensi, akurasi, kemudahan penggunaan, dan keamanan. Integrasi dapat dilakukan pada berbagai level, mulai dari level data, sistem, hingga aplikasi.

Video Apa Itu Integrasi Dalam Informatika

Lihat Juga  Apa Itu Validasi

Leave a Comment