Apa Itu Hiv

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Infeksi HIV dapat menyebabkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS), yang merupakan kondisi serius yang dapat mengancam jiwa.

HIV adalah virus yang menyerang sel CD4, yang merupakan jenis sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, sehingga tubuh menjadi rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Infeksi HIV disebabkan oleh virus HIV. Virus ini dapat ditularkan melalui cairan tubuh yang terinfeksi, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI.

Penularan HIV dapat terjadi melalui:

Pada tahap awal, infeksi HIV tidak menimbulkan gejala yang jelas. Gejala HIV baru akan muncul pada tahap lanjut, yang disebut AIDS. Gejala AIDS dapat berupa:

Obat antiretroviral (ARV) dapat memperlambat perkembangan HIV dan meningkatkan kualitas hidup pengidap HIV. ARV bekerja dengan menghentikan virus HIV untuk menggandakan diri.

HIV adalah penyakit serius yang dapat mengancam jiwa. Namun, dengan pengobatan yang tepat, pengidap HIV dapat hidup sehat dan produktif.

Apa Itu Hiv dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Anbk Smp

Leave a Comment