Apa Itu Yudisium

Yudisium adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik. Dalam proses yudisium, mahasiswa akan mendapatkan pengumuman nilai dari seluruh mata kuliah yang telah ditempuh, serta penetapan nilai dalam transkrip akademik. Selain itu, rapat yudisium juga akan memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu.

Proses yudisium biasanya dilakukan oleh senat fakultas atau program pascasarjana. Dalam prosesnya, mahasiswa akan dihadapkan oleh dosen penguji untuk mempresentasikan hasil penelitian atau skripsinya. Dosen penguji akan memberikan penilaian terhadap hasil penelitian atau skripsi tersebut.

Setelah itu, hasil penilaian dari dosen penguji akan dibahas dalam rapat yudisium. Dalam rapat yudisium, akan ditentukan nilai akhir dari hasil penelitian atau skripsi mahasiswa. Selain itu, rapat yudisium juga akan memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa.

Yudisium memiliki beberapa tujuan, yaitu:

Untuk mengikuti yudisium, mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:

Setiap perguruan tinggi memiliki ketentuan yudisium yang berbeda-beda. Namun, secara umum, ketentuan yudisium meliputi:

Yudisium merupakan salah satu proses penting dalam pendidikan tinggi. Yudisium merupakan momen yang menandakan bahwa mahasiswa telah menyelesaikan studinya dan siap untuk memasuki dunia kerja.

simak Apa Itu Yudisium dalam sebuah video

Lihat Juga  Apa Itu Mokondo

Leave a Comment