Apa Itu World Bank

Definisi

World Bank atau Bank Dunia adalah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman dan bantuan teknis kepada negara-negara berkembang. Bank Dunia didirikan pada tahun 1944 di Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat, dengan tujuan untuk membantu rekonstruksi dan pembangunan kembali negara-negara yang terdampak Perang Dunia II.

Tujuan

Tujuan utama Bank Dunia adalah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan manusia. Bank Dunia melakukannya dengan memberikan pinjaman dan bantuan teknis kepada negara-negara berkembang untuk proyek-proyek pembangunan di berbagai bidang, seperti:

* Infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan pelabuhan
* Pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial lainnya
* Pertanian dan pembangunan pedesaan
* Lingkungan dan perubahan iklim

Organisasi

Bank Dunia adalah salah satu lembaga dari Grup Bank Dunia, yang terdiri dari lima lembaga:

* Bank Dunia
* Dana Moneter Internasional (IMF)
* Dana Pembangunan Internasional (IDA)
* Dana Asuransi Multilateral (MIGA)
* Dana Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD)

Bank Dunia dipimpin oleh seorang presiden, yang dipilih oleh para anggota dewan eksekutif. Dewan eksekutif terdiri dari 25 anggota, yang mewakili 190 negara anggota Bank Dunia.

Pinjaman dan Bantuan Teknis

Bank Dunia memberikan pinjaman kepada negara-negara berkembang dengan suku bunga yang lebih rendah daripada lembaga keuangan swasta. Bank Dunia juga memberikan bantuan teknis kepada negara-negara berkembang untuk membantu mereka mengembangkan kapasitas dan merancang proyek-proyek pembangunan yang efektif.

KritikKesimpulan

Apa Itu World Bank dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Xoxo

Leave a Comment