Apa Itu P5 Ra

Apa Itu P5 Ra video

P5 Ra adalah singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Al-Amin. P5 Ra merupakan salah satu bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Tujuan P5 Ra adalah untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

P5 Ra menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning). Pembelajaran berbasis projek adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan proyek yang kompleks dan bermakna. Peserta didik bekerja secara mandiri atau berkelompok untuk menyelesaikan masalah atau menghasilkan karya.

Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik setelah menyelesaikan pendidikan. Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulumnya sendiri. Kurikulum Merdeka terdiri dari tiga fase, yaitu fase A (PAUD-kelas 2 SD), fase B (kelas 3-6 SD, SMP, dan SMA), dan fase C (SMA dan SMK).

Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan proses penerapan Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka dapat dilakukan secara bertahap atau langsung.

Rahmatan Lil Al-Amin adalah sebutan bagi manusia yang memberikan manfaat bagi sesama dan lingkungannya. Sebutan ini diambil dari Al-Qur’an surat Al-Anbiya ayat 107, yang berbunyi:

P5 Ra merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Pelaksanaan P5 Ra dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek tersebut dirancang terpisah dari intrakurikuler.

P5 Ra dapat dilakukan di berbagai mata pelajaran dan lintas mata pelajaran. Peserta didik didorong untuk memilih tema yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Peserta didik juga didorong untuk bekerja sama dengan teman-teman mereka dari kelas yang berbeda.

Lihat Juga  Apa Itu Flare Pada Penyakit Lupus

P5 Ra dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk, misalnya:

Peserta didik dapat menggunakan berbagai sumber belajar untuk menyelesaikan proyek mereka, misalnya:

P5 Ra diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk:

P5 Ra merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter. Dengan P5 Ra, peserta didik diharapkan dapat menjadi generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Leave a Comment