Apa Itu P5 Dan Ppra

* Pembersihan
* Pemeriksaan
* Pengerjaan
* Pemeliharaan
* Pemindahan
* Program
* Pengendalian
* Risiko
* Aktivitas
* Kecelakaan
* Kerja
* Penyakit
* Akibat

P5 adalah sebuah metode yang terdiri dari lima langkah, yaitu:

Langkah pertama adalah membersihkan tempat kerja dari barang-barang yang tidak diperlukan. Barang-barang yang tidak diperlukan dapat mengganggu pekerjaan dan membahayakan keselamatan kerja.

Langkah kedua adalah memeriksa kondisi tempat kerja dan peralatan kerja. Peralatan kerja yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik harus segera diperbaiki atau diganti.

Langkah ketiga adalah melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Prosedur yang ditetapkan bertujuan untuk memastikan keselamatan kerja.

Langkah keempat adalah melakukan pemeliharaan terhadap tempat kerja dan peralatan kerja secara rutin. Pemeliharaan yang rutin akan mencegah terjadinya kerusakan dan kecelakaan kerja.

Langkah kelima adalah memindahkan barang-barang yang tidak diperlukan ke tempat yang aman. Barang-barang yang tidak diperlukan dapat mengganggu pekerjaan dan membahayakan keselamatan kerja.

PPRA adalah sebuah metode yang dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengendalikan risiko bahaya di tempat kerja. PPRA bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan PAK.

Proses PPRA terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

Langkah pertama adalah mengidentifikasi semua bahaya yang ada di tempat kerja. Bahaya dapat berupa bahaya fisik, kimia, biologi, ergonomi, dan psikologi.

Langkah kedua adalah mengevaluasi tingkat keparahan dan kemungkinan terjadinya bahaya. Bahaya yang memiliki tingkat keparahan dan kemungkinan terjadinya tinggi harus diprioritaskan untuk dikendalikan.

Langkah ketiga adalah mengendalikan bahaya yang telah diidentifikasi. Pengendalian bahaya dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

* Menghilangkan bahaya
* Mengganti bahaya dengan yang lebih aman
* Mengurangi risiko bahaya
* Mengawasi bahaya

Langkah keempat adalah mendokumentasikan semua hasil proses PPRA. Dokumentasi PPRA digunakan untuk memudahkan pengelolaan dan evaluasi PPRA secara berkala.

Lihat Juga  Apa Itu Queue Dalam Informatika

P5 dan PPRA adalah dua hal yang penting untuk diterapkan di tempat kerja. P5 bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja, sedangkan PPRA bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan PAK.

Apa Itu P5 Dan Ppra dalam video

Leave a Comment