Apa Itu Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan bahasa persatuan Republik Indonesia. Bahasa ini merupakan bahasa Melayu yang dimodernisasi dengan tambahan kosakata dari bahasa-bahasa lain di Nusantara dan Eropa.

Bahasa Indonesia adalah sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berekspresi. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang unik karena memiliki sifat-sifat produktivitas, rekursif, dan pergeseran.

Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu yang digunakan di Nusantara sejak abad ke-7. Pada masa penjajahan Belanda, bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa pengantar di sekolah-sekolah dan pemerintahan. Setelah Indonesia merdeka, bahasa Melayu diresmikan sebagai bahasa nasional pada tanggal 28 Oktober 1928.

Bahasa Indonesia memiliki karakteristik sebagai berikut:

Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai berikut:

Rumusan baku bahasa Indonesia adalah aturan-aturan yang mengatur penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Rumusan baku bahasa Indonesia terdiri dari:

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang penting bagi bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari komunikasi sehari-hari hingga pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, setiap orang Indonesia perlu mempelajari dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Apa Itu Bahasa Indonesia dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Anbk Sekolah

Leave a Comment