Apa Itu Thalasemia

Thalasemia adalah kelainan darah yang diturunkan dari orang tua ke anak. Kelainan ini menyebabkan produksi hemoglobin (Hb) yang tidak normal. Hemoglobin adalah protein yang terdapat dalam sel darah merah dan berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Thalasemia adalah kelainan darah yang diturunkan dari orang tua ke anak. Kelainan ini disebabkan oleh mutasi pada gen yang mengatur produksi hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang terdapat dalam sel darah merah dan berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Thalasemia disebabkan oleh mutasi pada gen yang mengatur produksi hemoglobin. Mutasi ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua gen.

Gejala thalasemia tergantung pada tingkat keparahannya. Pada thalasemia minor, gejalanya biasanya tidak terlalu parah dan dapat berupa:

* Anemia ringan
* Kelelahan
* Sesak napas saat berolahraga
* Pembengkakan perut

Pada thalasemia intermedia, gejalanya lebih parah dan dapat berupa:

* Anemia sedang
* Kelelahan yang parah
* Sesak napas
* Gangguan pertumbuhan

Pada thalasemia mayor, gejalanya sangat parah dan dapat berupa:

* Anemia berat
* Kelelahan yang sangat parah
* Sesak napas
* Gangguan pertumbuhan
* Gangguan hati
* Gagal jantung

Thalasemia dibagi menjadi tiga klasifikasi berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

Pengobatan thalasemia tergantung pada tingkat keparahannya. Pada thalasemia minor, biasanya tidak diperlukan pengobatan. Pada thalasemia intermedia, dapat dilakukan pengobatan, seperti transfusi darah dan pemberian obat-obatan. Pada thalasemia mayor, diperlukan pengobatan seumur hidup, seperti transfusi darah dan pemberian obat-obatan.

Thalasemia tidak dapat dicegah sepenuhnya, tetapi dapat dicegah dengan menghindari pernikahan antara dua orang yang membawa gen thalasemia.

simak Apa Itu Thalasemia dalam sebuah video

Lihat Juga  Apa Itu Bank Niaga

Leave a Comment