Apa Itu P5 Kurikulum Merdeka Smp

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan otonomi kepada satuan pendidikan untuk mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Kurikulum Merdeka terdiri dari dua fase, yaitu fase A (untuk jenjang SD dan SMP) dan fase B (untuk jenjang SMA dan SMK).

Dalam fase A, Kurikulum Merdeka memiliki lima prinsip pembelajaran, yaitu:

Prinsip-prinsip tersebut dikenal dengan istilah P5 Kurikulum Merdeka Smp. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing prinsip:

Pendekatan Tematik adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran atau disiplin ilmu ke dalam satu tema atau topik tertentu. Pendekatan ini bertujuan untuk membantu peserta didik memahami konsep-konsep yang saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari.

Pendekatan Inkuiri adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk menemukan pengetahuan baru melalui proses eksplorasi dan investigasi. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada peserta didik.

Pembelajaran Berbasis Proyek adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk menyelesaikan masalah atau tugas kompleks yang membutuhkan penerapan berbagai keterampilan dan pengetahuan. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan inovatif pada peserta didik.

Asesmen Berbasis Kompetensi adalah pendekatan asesmen yang mengukur kompetensi peserta didik secara holistik, yaitu meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang utuh tentang pencapaian kompetensi peserta didik.

Kerja Sama dan Kolaborasi adalah prinsip pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan orang lain. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional pada peserta didik.

Prinsip-prinsip P5 Kurikulum Merdeka Smp merupakan landasan untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik.

Lihat Juga  Apa Itu Ejakulasi Dini

Apa Itu P5 Kurikulum Merdeka Smp dalam video

Leave a Comment