Apa Itu P5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar

* P5
* Kurikulum Merdeka Belajar
* Profil Pelajar Pancasila
* Pembelajaran Berbasis Projek
* Kemandirian
* Karakter

P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu bagian dari Kurikulum Merdeka Belajar yang bertujuan untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif dan berkontribusi terhadap masyarakat.

P5 merupakan salah satu pilar utama dalam Kurikulum Merdeka Belajar. P5 bertujuan untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:

P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning). Pembelajaran berbasis projek adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penyelesaian masalah atau tugas tertentu melalui serangkaian kegiatan yang terstruktur. Dalam pembelajaran berbasis projek, siswa akan dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

P5 mendorong kemandirian siswa dalam belajar. Siswa akan didorong untuk belajar secara aktif dan bertanggung jawab atas hasil belajarnya. Siswa juga akan didorong untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.

P5 juga menekankan pentingnya pengembangan karakter. Siswa akan didorong untuk mengembangkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

P5 memiliki beberapa manfaat, antara lain:

* Meningkatkan kompetensi dan karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila
* Mendorong kemandirian siswa dalam belajar
* Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa
* Meningkatkan partisipasi siswa dalam masyarakat

P5 merupakan salah satu bagian penting dalam Kurikulum Merdeka Belajar. P5 bertujuan untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif dan berkontribusi terhadap masyarakat.

Lihat Juga  Apa Itu Cv

Berikut adalah contoh P5 yang dapat dilakukan oleh siswa:

P5 dapat dilakukan oleh siswa di sekolah, di rumah, atau di lingkungan masyarakat.

Apa Itu P5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar dalam video

Leave a Comment