Apa Itu Bank Reconciliation

Apa Itu Bank Reconciliation video

Bank reconciliation adalah proses pencocokan dan penyesuaian antara saldo kas menurut catatan perusahaan dan saldo kas menurut catatan bank. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa kedua saldo tersebut sama dan tidak ada kesalahan atau kecurangan.

Bank reconciliation adalah proses membandingkan catatan kas perusahaan dengan catatan kas bank untuk memastikan bahwa kedua saldo tersebut sama. Catatan kas perusahaan biasanya disimpan dalam buku besar atau software akuntansi, sedangkan catatan kas bank biasanya disimpan dalam rekening koran atau laporan mutasi rekening.

Tujuan dari bank reconciliation adalah untuk:

Bank reconciliation memiliki beberapa manfaat, antara lain:

Prosedur bank reconciliation biasanya dilakukan secara manual, tetapi ada juga software akuntansi yang dapat membantu proses ini secara otomatis. Prosedur bank reconciliation secara manual dapat dibagi menjadi beberapa langkah berikut:

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk bank reconciliation antara lain:

Saldo awal adalah saldo kas pada akhir periode sebelumnya. Saldo awal dapat ditentukan dari rekening koran bank atau catatan kas perusahaan.

Setoran yang belum dicatat oleh bank adalah setoran yang sudah dilakukan oleh perusahaan, tetapi belum dicatat oleh bank. Setoran ini harus ditambahkan ke saldo awal untuk mendapatkan saldo kas yang benar.

Potongan yang belum dicatat oleh bank adalah potongan yang sudah dilakukan oleh perusahaan, tetapi belum dicatat oleh bank. Potongan ini harus dikurangkan dari saldo awal untuk mendapatkan saldo kas yang benar.

Transaksi yang belum dicatat oleh perusahaan adalah transaksi yang sudah dilakukan oleh bank, tetapi belum dicatat oleh perusahaan. Transaksi ini harus dicatat dalam catatan kas perusahaan untuk mendapatkan saldo kas yang benar.

Lihat Juga  Apa Itu Ipa

Saldo akhir adalah saldo kas pada akhir periode setelah semua penyesuaian dilakukan. Saldo akhir yang sama harus muncul di rekening koran bank dan catatan kas perusahaan.

Ada dua jenis bank reconciliation, yaitu:

Pada metode ini, saldo akhir rekening koran bank digunakan sebagai saldo awal untuk melakukan penyesuaian.

Pada metode ini, saldo awal catatan kas perusahaan digunakan sebagai saldo awal untuk melakukan penyesuaian.

Bank reconciliation adalah proses penting yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan untuk menjaga akurasi catatan keuangannya. Dengan melakukan bank reconciliation secara rutin, perusahaan dapat mencegah terjadinya kesalahan atau kecurangan yang dapat merugikan perusahaan.

Leave a Comment